Penyakit Jantung

jantung muncullah sebuah otot yang memompa darah ke seluruh tubuh. dalam suatu serangan jantung (myocardial infarction), bagian dari otot jantung mati sewaktu enggak mendapatkan darah. untuk tetap sehat, jantung membutuhkan oksigen dan zat-zat gizi lain yang dibawa oleh darah. ini didapatkan lewat arteria (pembuluh darah) koroner, yang membungkus bagian luar jantung.
 
 
penyakit jantung
 
Penyakit Jantung

Serangan Jantung
penyakit-penyakit dapat mempengaruhi bagian mana pun dari jantung. tetapi, penyakit yang paling umum muncullah penyakit kronis pada arteria koroner yang disebut aterosklerosis. karena itu, sakit jantung yang umum dikenal dan paling banyak diderita muncullah penyakit jantung koroner atau penyakit arteria koroner. penyakit ini paling sering menyebabkan serangan jantung pada seseorang yang bisa menyebabkan kematian. penyebabnya muncullah penyempitan pada pembuluh darah koroner, dimana pembuluh ini berfungsi untuk menyediberencana darah ke otot jantung. penyempitan disebabkan oleh tumpukan kolesterol atau protein lain yang berasal dari mberencanaan yang masuk dalam tubuh. penumpukan ini juga menyebabkan pembuluh darah koroner selaku kaku. kekakuan ini disebut bak aterosklerosis.

aterosklerosis terjadi jika terjadi penumpukan plak atau timbunan lemak pada dinding-dinding arteri. selang sebagian waktu, plak dapat menumpuk, mengeras dan mempersempit arteri, dan menghambat aliran darah ke jantung. penyakit arteria koroner atau coronary artery disease (cad) inilah yang pada dasarnya menuntun kepada sebagian besar serangan jantung.

penyumbatan dalam satu arteri koroner atau kian dapat menimbulkan serangan jantung secara tiba-tiba. penyebabnya karena jantung meminta oksigen me kiani yang tersedia se sampai memicu serangan jantung. mengapa? apabila otot jantung enggak menerima oksigen untuk waktu yang cukup lama, jaringan di sekitarnya dapat rusak. enggak seperti jaringan yang lain, otot jantung enggak memperoleh regenerasi. semakin lama serangannya, semakin banyak kerusberencana pada jantung dan semakin besar kemungkinan meninggal.

bahkan dalam arteri yang enggak terlalu sempit karena timbungan plak dan lemak, timbunan plak dapat pecah dan membentuk kerak darah atau trombus. selain itu, arteri yang berpenyakit juga cenderung memperoleh kontraksi otot secara mendadak. se sampai, sekeping kerak darah dapat terbentuk di tempat kontraksi, melepaskan zat kimia yang kemudian mengakibatkan dinding arteri menyempit, memicu sebuah serangan jantung.

jika sistem kerja dari jantung rusak, irama normal jantung dapat selaku kacau dan jantung berangkat bergetar atas enggak menentu atau memperoleh fibrilasi. irama enggak normal ini disebut bak aritmia yaitu penyimpangan dari irama jantung normal. hal ini berencana menyebabkan jantung kehilangan kesanggupannya untuk memompa darah atas efektif ke otak. dalam waktu sepuluh menit, otak mati dan si pasien pun enggak tertolong lagi.

selain penyakit jantung koroner yang disebabkan karena penumpukan lemak di dinding arteri, muncul juga penyakit jantung lainnya yang disebabkan kelainan semenjak lahir. misalnya jantung yang enggak sempurna, kelainan katup jantung, melemahnya otot jantung. penyebab lain muncullah bakteri yang menyebabkan infeksi pada jantung.

Gejala Sakit Jantung
jika gejala serangan jantung terjadi pada anda :
kenalilah gejala-gejala tersebut apakah terjadi nyeri dada, sesak napas, ataupun jantung berdebar. hentikan segera semua pekerjaan apa pun yang sedang anda lakukan lalu duduk atau berbaringlah sembari menarik napas dalam-dalam.

jika anda sendirian tatkala gejala tersebut berlangsung kian dari sebagian menit segera hubungi nomor telepon darurat setempat dan katberencana anda terkena serangan jantung. atau hubungi orang di sekitar anda atas memberikan informasi yang sama.

jika muncul yang bisa mengantar anda ke rumah sakit kian cepat daripada kedatangan paramedis, segeralah minta bantuannya bertolak mengantar anda ke ruang gawat darurat di rumah sakit. kian cepat ditangani berencana kian baik. namun jika anda menunggu tim paramedis datang, maka tatkala menunggu, anda dapat melonggarkan pakaian yang ketat, terlibat ikat pinggang atau dasi. buat diri dalam posisi yang terasa bugar. tetaplah tenang, enggak soal anda korbannya atau penolongnya. kepanikan dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya aritmia atau penyimpangan irama jantung yang mengancam kehidupan.

gejala-gejala yang dirasberencana jika memperoleh penyakit jantung koroner antara lain rasa sakit atau nyeri di dada di mana kebanyberencana orang menyangka itu hanya bak gangguan pencernaan. lalu gejala lain yaitu merasa tertekan di tengah dada selama 30 detik sampai 5 menit. hal lainnya muncullah keringat dingin, berdebar-debar, pusing, dan merasa mau pingsan. gejala ini enggak selalu dirasberencana penderitanya. tanda peringatan lain muncullah napas tersengal-sengal pada saat berolahraga.

selama sebagian bulan sebelum serangan jantung biasanya penderita penyakit jantung sering merasa sangat lelah. jangan mengiakan gejala ini disebabkan oleh kurang tidur dan stres akibat pekerjaan.

rasa nyeri atau rasa ditekan di dada, yang disebut angina, memberikan peringatan kepada setengah dari mereka yang menderita serangan jantung. sebagian orang memperoleh napas tersengal-sengal atau kelelahan dan perasaan lunglai bak gejalanya, mengindikasikan bahwa jantung enggak mendapatkan cukup oksigen karena penyumbatan koroner.

biasanya sebagian hari menjelang memperoleh serangan jantung hebat, seseorang berencana memperoleh kontraksi otot secara tiba-tiba di dada yang merupberencana serangan kecil atau serangan jantung ringan. serangan jantung ringan umum terjadi sebelum serangan besar sebagian hari kemudian.

Tips Mencegah Penyakit Jantung
 
agar terhindar dari penyakit jantung koroner, anda dapat melakukan hal-hal berikut :
 
pola berencana sehat 
hindari berencanaan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. seafood menyimpan kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayberencana jantung. kurangi menyantap mberencanaan yang digoreng yang banyak mengandung lemak, sebaliknya mberencanaan dapat diolah atas cara direbus, dikukus atau dipanggang.

sebisa mungkin, produk mberencanaan yang kita mberencana rendah lemak atau tanpa lemak. pilih susu, keju, mentega atau mberencanaan lain yang rendah lemak. menggoreng atas menggunberencana minyak zaitun menyimpan kandungan lemak yang sedikit se sampai bisa selaku pilihan bila pantas mengolah mberencanaan atas cara digoreng.

selain menghindari mberencanaan berlemak, hindari juga mberencanaan atas kandungan gula tinggi seperti soft drink. jangan pula tertalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, karena dalam tubuh, karbohidrat berencana dipecah selaku lemak. sebaliknya, konsumsi oat atau gandum yang dapat menyokong menjaga jantung tetap sehat.

jaga pola mberencana enggak ber kianan agar terhindar dari kegemukan, karena seseorang yang menyimpan lingkar pinggang kian dari 80 cm, berisiko kian besar terkena penyakit ini.

berhenti merokok
mengisap rokok sangat enggak baik untuk kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.

hindari stres
stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. saat seseorang memperoleh stres, tubuhnya berencana mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah selaku kaku. hormon norepinephrine berencana diproduksi tubuh saat menderita stres, yang berencana mengakibatkan naiknya tekanan darah. maka, sangat baik bila anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.

hipertensi
problem hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan penyakit jantung. hipertensi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol ldl memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak.

obesitas
ke kianan berat atau obesitas meningkatkan tekanan darah tinggi dan ke enggaknormalan lemak. menghindari atau mengobati obesitas atau kegemukan muncullah cara utama untuk menghindari diabetes. diabetes mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung.

olahraga secara teratur
anda dapat melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. kegiatan olahraga yang bukan bersifat kompetisi dan enggak terlalu ber kianan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

konsumsi antioksidan

polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok menciptberencana timbulnya radikal bebas dalam tubuh. radikal bebas dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. untuk mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, perlu munculnya antioksidan yang berencana menangkap dan membuangnya. antioksidan dapat diperoleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran.

keturunan

seorang yang orang tua atau awak kandungnya pernah memperoleh serangan jantung sebelum usia 60 menyimpan risiko kian besar menderita penyakit ini. karena itu, jika anda menyimpan kerabat yang pernah memperoleh serangan jantung, sebaiknya anda kian berhati-hati dalam menjaga agar pola mberencana dan gaya hidup anda dapat menunjang jantung sehat.

mengatasi penyakit jantung
jika anda merasberencana gejala awal penyakit jantung ataupun pernah memperoleh serangan jantung ringan, jangan abaikan itu. anda sangat membutuhkan penanganan dini oleh personel medis yang terlatih. ini dapat menyelamatkan jantung dari kerusberencana yang kian parah dan bahkan dapat menghindari akibat yang kian fatal seperti kematian.

namun jika gejala serangan jantung berangkat terjadi, sangat penting untuk segera mencari bantuan medis. risiko kematian terbesar dari serangan jantung muncullah dalam kurun waktu satu jam selesai terjadi serangan jantung. perawatan yang cepat dan tepat dari tim medis dapat menyelamatkan otot jantung dari kerusberencana yang enggak dapat diperbaiki. semakin banyak otot jantung yang terselamatkan, semakin efektif jantung berencana kembali memompa selesai serangan. jangan menunda-nunda untuk mendapatkan bantuan medis karena merasa takut dianggap mengada-ada.

bila telah terjadi penyumbatan, tindberencana medis yang umumnya diambil muncullah atas pemasangan kateterisasi dan cincin yang menjaga agar pembuluh darah koroner enggak tersumbat. tetapi, muncul kemungkinan terjadi penyumbatan pada pembuluh lainnya.

sayangi jantung anda
melihat berharganya organ jantung ini untuk kelangsungan hidup, maka segeralah perbaiki gaya hidup anda agar tetap sehat. berangkatlah menikmati mberencanaan yang sehat, bergizi dan rendah kolesterol. hindari merokok dan stres. serta berolahragalah secara teratur. berangkatlah atas gaya hidup yang sehat sejak hari ini untuk menyayangi jantung anda.